ABSTRAKSI
M.Tanthawi yahya, 2014, Program studi Teknik Elektro, Mekatronika
Otomotif. Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara Malang, Sistem Air Condentioner
Mobil di P.T. Solo Manufactur Kreasi, pembimbing akademik : M.Muchlas, S.pd, MT. Pembimbing
industri: Dwi Budhi Martono
Keyword :
compressor, condenser, drayer, expansion valve, evaporator, air conditioner
Air Conditioner
adalah suatu alat yang di gunakan untuk mendinginkan dan menghangatkan ruangan
dengan menerapakan system pendingin dan pemanas didalamnya.
Persoalan yang harus
dihadapi adalah bagai mana cara memahami cara kerja air condentioner , cara
perawatan,pengisian freon, pengosongan freon dan yang terahir bagai mana cara
pengetesan sistem air condentioner.
Ide
yang muncul untuk persoalan tersebut adalah dengan penggunaan alat 3R, manifold
gauge maupun leak detector dapat
mempermudah menyelesaikan persoalan
tersebut.
Agar suhu ruang
terjaga maka diterapkan system pendingin Air
Condentioner bekerja berdasarkan refrigerant.
Proses sirkulasi refrigerant antara
lain compressor, gas refrigerant mengalir ke condensor, cairan refrigerant mengalir ke drayer, expansion valve, dan megalir ke evaporator.
Vii+22 hal : 20
gbr.Biblografi : 11 (2004-2014)
KATA PENGANTAR
Puji
sukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat karunian serta
petunjuk-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan KKI (Kuliah Kerja
Industri) I semester 4 sebgai syarat lulus menempuh KKI.
Penyelesaian
laporan ini terwujud atas bantuan dari berbagai pihak yang telah membantu dan
membimbing penulis selama pelaksanaan KKI. Oleh karena itu, penulis
menyampaikan terima kasih
kepada :
1.
Ibu Betty Dewi Puspasari
S.Kom, MT. selaku ketua Join Program VEDC Malang.
2.
Bapak M.Muchlas, S,pd. MT
selaku dosen pembimbing akademik yang telah membimbing penulis hingga laporan
ini selesai.
3.
Bapak Dr.Joko sutrisno
selaku komisaris di P.T. Solo Manufactur Kreasi.
4.
Bapak Sabar Budi selaku
direktur marketing dan komunikasi publik P.T. Solo Manufactur Kreasi.
5.
Bapak Dwi Budhi Martono
selaku pembimbing industri yang telah memberikan kesempatan menyelesaikan
Kuliah Kerja Industri di PT. Solo Manufactur Kreasi.
6.
Bapak Muhammad Galih Fery.F
selaku Supervisor Produksi
7.
Rekan-rekan mahasiswa Join
Program VEDC Malang angkatan ke-4.
8.
Serta Semua pihak yang turut
membantu terlaksanannya tugas ini.
Penulis
menyadari jika memiliki banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini. Oleh
karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan laporan
ini. Akhirnya, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima
kasih.
Solo, 25 Juli 2011
M.Tanthawi
Yahya
NIM.
1812011
DAFTAR ISI
Halaman
ABSTRAKSI..................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................................... iii
DAFTAR GAMBAR........................................................................................................ v
PROFIL INDUSTRI....................................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN..............................................................................................
1
1.1.Latar Belakang
Masalah............................................................................... 1
1.2. Identifikasi dan Pembatasan
Masalah...................................................... 2
1.3. Rumusan Masalah....................................................................................... 2
1.4. Tujuan............................................................................................................
2
BAB II TINJAUAN PUSTAKA....................................................................................
3
2.1. Air Conditoner ............................................................................................. 3
2.2.Kompresor ..................................................................................................... 3
2.2.1. Kompresor
Torak ...................................................................................... 4
2.2.2. Kompresor
Rotari......................................................................................
5
2.3. Kondensor.....................................................................................................
5
2.4. Evaporator.....................................................................................................
6
2.5.Filter/Dryer......................................................................................................
7
2.6. Katup Expansi..............................................................................................
7
2.7.Zat
pendingin/Freon.....................................................................................
8
2.8. Prinsip dasar kerja ac..................................................................................
9
2.9. Cara kerja sistem AC.................................................................................
10
2.10. Perawatan AC..........................................................................................
11
BAB III HASIL
DAN PEMBAHASAN......................................................................
13
3.1.Langkah
Kerja.............................................................................................
13
3.2.Hasil
Kerja....................................................................................................
13
3.3.Pengosongan
Freon..................................................................................
14
3.4.Pengisian
Zat pendinggin........................................................................
15
3.5.Pengetesan
Sistem AC.............................................................................
16
3.5.1 Tes
Tekanan.............................................................................................
16
3.5.2 Tes
Temperatur......................................................................................... 18
3.5.3 Tes
Kebocoran.........................................................................................
20
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN`....................................................................
21
4.1. Kesimpulan.................................................................................................
21
4.2. Saran...........................................................................................................
21
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
|
Halaman
|
2.2.Kompresor................................................................................................................. 3
2.2.1.kompresor
torak...................................................................................................
4
2.2.2.
Kompresor Rotari................................................................................................. 5
2.3.
Kondensor............................................................................................................... 6
2.4.
Evaporator................................................................................................................ 6
2.5.
Filter/Dryer............................................................................................................... 7
2.6.
Katup Expansi......................................................................................................... 8
2.7.
Zat Pendingin/Freon.............................................................................................. 8
2.8. Pengaruh tinggi
terhadap tekanan..................................................................... 9
2.9. Ilustrasi
penyerapan panas.................................................................................. 9
2.10. Gambaran kerja sistem AC............................................................................... 10
3.3
Alat 3R..................................................................................................................... 14
3.3
Manifold gauge...................................................................................................... 14
3.5
Alat 3R..................................................................................................................... 15
3.5.1
tekanan rendah.................................................................................................
17
3.5.1. Tekanan
lebih besar......................................................................................... 17
3.51. Tekanan rendah lebih tinggi dan tekanan tinggi lebih
rendah................. 18
3.5.2. Tes
temperature................................................................................................. 19
3.5.2. Tabel
Perbandingan temperature............................................................... ...19
3.5.3. Leak
detector...................................................................................................... 20
PROFIL
INDUSTRI

PT. SOLO
MANUFAKTUR
KREASI
Kantor
Jl. Apel no 5 jajar, Laweyan Solo – Indonesia PO BOX solo 57100
Telp/fax : (0271) 741945
Pabrik
SMK Warga Surakarta
Jl. Kolonel Sutarto Surakarta – Indonesia
Perusahaan
P.T
SMK adalah industi yang bergerak dibidang otomotif. Yang didirikan pada tahun
2007, dan pada tahun 2007 P.T SMK bermitra dengan PT AIK untuk memproduksi
komponen engine mobil 1500 cc.
Selanjutnya pada tahun 2008 PT SMK bersama P.T AIK meneruskan program pembuatan
komponen engine mobil 1500cc. Tahun
2009 P.T SMK bermitra dengan Nasional motor untuk membuat body double dan P.T
MAGEDA membuat body SUV dan direstui oleh presiden dalam pameran di ITB. Tahun
2010 P.T SMK bekerjasama dengan FODAY,JINBE dan UKM untuk mengembangkan mobil
SUV dan mini truck,uji produk di pameran internasional manufacturing. Dan prototype
mobil SUV yang di keluarkan oleh P.T SMK
di namakan rajawali yang bermesin esemka 1.5i, 1.500 cc multi point injection 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga
sebesar 103 tenaga kuda pada putaran 5.500 rpm dengan torsi puncak hingga 145
Nm di 4.100 rpm. Rajawali mampu menampung 7 orang karena mempunyai panjang
5.035 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.630 mm. Rajawali juga telah dibekali
sederet fitur elektronik mirip SUV premium lainnya, misalnya power steering, central
lock, power window, AC dual zone, sensor parkir, hingga head unit CD player.
Rajawali dirakit oleh SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta dan
prototype mobil selanjutnya adalah esemka digdaya merupakan model pikap kabin
ganda yang dirakit oleh SMK 1 Singosari. Kendaraan ini berjenis MPV dan dipamerkan dalam
Pameran Produk Indonesia 2009 Di Kemayoran Jakarta. Tenaga
penggerak menggunakan mesin eks Timor 1.500 cc. Mobil Esemka Digdaya dirancang
multifungsi, baik untuk kenyamanan berkendara maupun niaga. Kuat menampung
hingga lima orang dan kabin belakangnya bisa mengangkut sepeda atau barang
belanjaan. Digdaya dan Rajawali mempunyai spesifikasi mesin dan bodi yang sama.
Dan prototype esemka bima Van 1.5i merupakan model van yang dirakit oleh SMK Negeri 6 Malang. Tahun 2011
P.T SMK mengurus perijinan produksi.. Tahun 2012 P.T SMK diperbolehkan
berjualan oleh pemerintah. Dan esemka rajawali di perbaharui menjadi esemka
rajawali R2, esemka rajawali adalah
varian dan pengembangan dari tipe Esemka Rajawali (Alpha), dengan kekuatan
mesin 1600cc dan berpenumpang 5 orang. Pengembangan Esemka Rajawali R2 ini
bertitik tumpu pada mesin dengan yang lebih besar dari sebelumnya. Tetap
mengacu pada tipe SUV dan mengedepankan fitur keamanan. Esemka Rajawali R2
dilengkapi dengan ABS (Anti Lock Brake System), BA (Brake assist), EBD (Electronic
brakeforce distribution), dan SRS Air Bag.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Masalah
Perkembangan ilmu dan teknologi pada era sekarang ini
sangatlah pesat dari peningkatan kemampuan, keterampilan dan profesionalisme
sumber daya manusia. Berbagai usaha peningkatan telah dilakukan pada semua
bidang termasuk dalam bidang otomotif. Perkembangan teknologi pada bidang
otomotif berperan cukup besar terhadap kemajuan bidang – bidang lainnya. Untuk
itu perlu adanya tenaga – tenaga ahli dalam bidang ini, apalagi menghadapi
serbuan negara – negara produsen otomotif dengan pemasaran produk mereka memasuki
pasar bebas.
Pada masa era globalisasi ini kenyamanan pada mobil
sangatlah diperlukan, industri berlomba – lomba menciptakan inovasi baru untuk
menambah kenyamanan mobil yang mereka produksi salah satunya dengan pengaturan
suhu, kelembaban udara dan kebersihan didalam ruangan.
Sistem air conditioner dipergunakan untuk mempertahankan
kondisi udara baik suhu dan kelembabanya dengan cara berikut :
1. Pada saat suhu ruangan tinggi air conditioner menyerap
panas dari lingkungan sehingga suhu diruangan itu akan turun dan sebaliknya
saat suhu ruangan turun air conditioner akan melepaskan panas ke udara sehingga
suhu akan naik.
2. Bersamaan dengan hal itu, kelembaban udara berkurang
sehingga kelembaban udara di pertahankan pada tingkat yang nyaman.
Prinsip dasar air conditioner adalah proses penyerapan
panas dan pelepasan panas dengan menggunakan suatu zat yang mudah menyerap
(refrigerant). Kondisi refrigrant dipengaruhi oleh pengatur dan tekanan yang
diberikan kepadanya.
1.2.
Identifikasi dan Pembatasan Masalah
Dari
latar belakang di atas diidentifikasi hal – hal yang kurang dimiliki oleh mahasiswa. Dalam hal ini mengamati
kemampuan sistem air conditioner dapat dirumuskan
beberapa masalah, yakni mengenai cara kerja yang dihasilkan oleh system air conditioner dan cara perawatan system air condentioner.
1.3.
Rumusan Masalah
Berdasarkan pemilihan judul di
atas maka permasalahan yang diangkat dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana cara kerja system air conditione?
2. Bagaimana
cara perawatan system air conditioner?
3. Bagai mana cara menganalisa kerusakan sistem air
conditioner?
1.4.
Tujuan
Adapun tujuan yang ingin
dicapai dalam kegiatan KKI ini antara lain :
1. Memahami
prinsip dasar system air conditioner.
2. Merawat
system air conditioner
3. Menganalisis kerusakan/gangguan system air conditioner.
.
BAB II
TINJAUAN
PUSTAKA
2.1. Air Conditoner
Air conditioner
adalah suatu mesin yang digunakan untuk mendinginkan udara dengan cara
mensirkulasikan gas refrigrand berada di pipa tekan dan di hisap oleh
kompresor.
Adapun
fungsi system air conditioner pada
mobil yaitu:
·
Memberikan udara sejuk ke
dalam ruang kendaraan.
·
Memberikan penghangatan pada
saat udara dinggin.
·
Menghindari udara kotor yang
masuk ke dalam ruangan.
·
Menghilangkan dengan cepat
kondensasi pada kaca mobil waktu hujan atau udara lembab.
·
Memberikan kenyamanan kepada
pengemudi dan penumpang.
2.2.Kompresor
Kompresor
adalah pompa yang dirancang untuk meningkatkan tekanan kepada refrigerant. Dengan meningkatnya akan
diikuti dengan meningkatnya suhu refrigerant.

Gambar
2.2. Kompresor
Adapun
fungsi dari kompresor sebagai berikut :
· Memberi
tekanan pada zat pendingin, agar mengalir dalam system.
· Menurunkan
tekanan didalam evaporator,sehingga bahan pendinggin cair di evaporator dapat
menguap pada suhu yang lebih rendah dan menyerap panas lebih banyak didekat
evaporator.
· Menghisap
bahan pendingin gas dari evaporator dengan suhu rendah dan tekanan rendah
kemudian memampatkan gas tersebut sehingga menjadi gas temperature tinggi dan
tekanan tinggi kemudian mengalirkannya ke kondensor.
Ada
2 jenis compressor yaitu:
· Kompresor
Torak
· Kompresor
Rotary
2.2.1. Kompresor Torak
Kompresor
torak adalah merupakan salah satu positive
displacement compressor dengan perinsip kerja memampatkan dan mengelurkan
udara secara berselang dari dalam silinder, pemampatan udara dilakukan didalam
silinder. Elemen mekanik yang digunakan untuk memampatkan udara dinamakan
piston. Tekanan udara yang keluar merupakan tekanan discharge yang dihasilkan oleh kompresor reciprocating.

Gambar 2.2.1. Kompresor Torak
2.2.2. Kompresor Rotari
Kompresor
rotary atau kompresor putar, getraran yang dihasilkan oleh kompresor ini
relative kecil dibandingkan dengan kompresor piston. Hal ini disebabkan
sudut-sudut pada kompresor putar yang merupakan elemen bolak-balik mempunyai
masa yang jauh lebih kecil dari pada piston. Selain itu kompresor putar tidak
memerlukan katup, sedangkan fluktuasi alirannya sangat kecil dibandingkan
dengan kompresor piston.
![]() |
Gambar 2.2.2. Kompresor
Rotari
2.3. Kondensor
Fungsi
kondensor adalah mendinginkan zat pendingin yang telah diberi tekanan oleh
kompresor.
Zat
pendingin yang bertekanan tinggi dari kompresor suhu panas melalui kondensor,
panas itu dihilangkan dan zat pendingin berubah bentuk menjadi cair.
![]() |
Gambar 2.3. Kondensor
2.4 Evaporator
Pada
evaporator zat pendingin akan mengambil panas dan merubah bentuk menjadi
gas,supaya pengambilan panas pada evaporator dapat berlangsung sempurna, maka
evaporator dilengkapi dengan motor blower yang juga berfungsi untuk
menghembuskan udara dingin ke dalam ruang kendaraan.

Gambar 2.4. Evaporator
2.5. Filter / Dryer
Filter / Drayer pada sistem air conditioner berfungsi untuk menyaring partikel-partikel
kotoran yang ikut beredar di dalam sistem, serta menyerap uap air yang ikut
beredar di dalam sistem.
Kotoran yang ikut beredar di dalam sistem
dapat menyumbat saluran-saluran yang ada sehingga mengganggu kerja air conditioner,
sedangkan uap air yang ikut beredar di dalam sistem dapat terjadi pembekuan
karena temperature media pendingin bisa turun di bawah 0 derajat celcius, hal tersebut dapat menyumbat
yang ahirnya menggangu kerja sistem
air
conditioner.

Gambar 2.5. Filter / Dryer
2.6. Katup Expansi
Katup
expansi pada sistem air condentioner
berfungsi untuk menurunkan tekanan media pendingin dari Refrigeran bentuk cair bertekanan tinggi menjadi tekanan rendah
dalam bentuk kabut. Akibat dari penurunan tekana tersebut maka temperature
media pendingin menjadi turun drastis.

Gambar 2.6 Katup Expansi
2.7. Zat
pendingin / Freon
Freon
adalah cairan yang menyerap panas pada suhu rendah dan menolak panas pada suhu
yang lebih tinggi. Prinsip-prinsip freon memungkinkan untuk digunakan pada outdoor unit dan indoor unit langsung menjalankannya dengan baik, karena hubungan
tekanan suhu. Hubungan tekanan suhu ini memungkinkan untuk dapat menteransfer
panas.
Dalam industri HVAC Freon diberi nama
dagan dikenal sebagai nama R. Contoh nama-nama ini adalah R22, R134a dan R502, nama-nama
ini membantu untuk menggambarkan berbagai jenis freon, karena freon memiliki
berbagai susunan kimia dengan sifat yang berbeda.
![]() |
Gambar 2.7 Zat
Pendingin/Freon
2.8
Prinsip dasar kerja AC
Sering kali pada percobaan telah dibuktikan, air dan
bensin yang di turunkan tekanannya akan lebih cepat menguap. Demikian juga
dengan titik didih air pada ketinggian tertentu(di atas gunung), air lebih
cepat menguap, disbanding air atas permukaan laut dengan tekanan 1 atmosfir,
karena diatas gunung dengan ketinggian tertentu tekanan udaranya <1
atmosfir.

Gambar 2.8 Pengaruh tinggi terhadap tekanan
Pada percobaan lain juga dinyatakan bahwa, apabila
jari kita diberi bensin seperti pada gambar di bawah ini, kemudian ditiupkn
udara maka jari kita akan terasa dingin.

Gambar 3.8 Ilustrasi penyerapan panas
Proses kenaikan dan penurunan tekanan seperti di
sampaikan pada percobaan di atas berlangsung secara alami, agar prose situ agar
dapat diterapakan pada sistem air conditioner, maka sistem air
condentiner harus terdiri dari bagian-bagian yang berfungsi untuk menaikkan
dan menurunkan tekanan, dan bagian-bagian yang befungsi untuk menyerap panas
dan melepaskan panas, supaya penguapan dan penyerapan panas dapat berlangsung.
2.9. Cara kerja sistem AC

Gambar 2.9 kerja sistem AC
Adapun
cara kerja air conditioner
sebagai berikut :
·
Kompresor
yang digerakan oleh tenaga mesin mobil tersebut, memompa dan mensirkulasikan
media pendingin/refrigen/freon yang masih berbentuk gas ke dalam sistem dengan tekanan
tertentu.
Tekanan tinggi, berbentuk gas, P - 14 bar dan T - 65 derajat
celcius
Tekanan tinggi, berbentuk cairan, P - 14 bar dan T – 10
derajat celcius
Tekanan rendah, berbentuk gas, P – 1,2 bar dan T - -7 derajat
celcius
Tekanan randah, berbentuk cair, p – 1,2 bar dan T - -7 derajat
celcius
·
Media
pendinggin tersebut di alirkan ke kondensor, di kondensor media pendingin
didinginkan dengan jalan melepas panas ke udara luar lewat sirip-sirip
Kondensor, karena temperaturnya menurun maka maka media pendinggin yang tadinya
berbentuk gas dari kompresor akan berubah menjadi media pendinggin berbentuk
cair.
·
Media
pendinngin yang berbentuk cair tersebut dialirkan ke filter/Dryer untuk
dilakukan penyaringan maupun pengeringan terhadap uap air yang beredar di dalam
sistem.
·
Media
pendingin yang sudah difilter di alirkan ke katup expansi yang bertugas untuk
menurunkan tekanan media pendingin, karena tekanan turun otomatis temperature
juga akan turun, akibat dari penurunan tekanan media pendingin berubah menjadi
kabut dengan temperatur yang rendah.
·
Media pendingin yang sudah
turun tekanan dan temperaturnya dialirkan ke evaporator, akibatnya evaporator
menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip evaporator panasnya
diserap sehingga temperature udara tersebut menjadi turun.
·
Udara yang sudah turun
temperaturnya di alirkan kedalam ruang kendaraan sehingga terasa sejuk.
·
Sementara di dalam didalam evaporator terjadi perubahan bentuk
pada media pendinggin, yang semula berbentuk kabut dari katup expansi berubah
menjadi gas pada evaporator.
·
Media pendinggin yang sudah
dalam bentuk gas dari evaporator siap dihisap dan di sirkulasikan oleh sistem.
2.10.
Perawatan AC
Hal – hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan perawatan
AC adalah sebagai berikut :
·
Jagalah
selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet yang didepan, karena akan tersedot kedalam
evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat
kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali air condentioner
dihidupkan.
·
Saat
mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor air conditioner
(yang
bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau
debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau
keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor air conditioner, atur tekanan air sebelum di
semprotkan pada unit kondensor
air conditioner (kurangi tekanan airnya)
·
Memilih
tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama,
Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup
panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu
beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
·
Periksalah
extrafan (kipas) yang didepan kondensor apakah berputar bila air conditioner dinyalakankan. Bila tidak segera
ganti, akan mengakibatkan kompresor
air conditioner rusak atau selang highpress bisa meledak.
·
Jangan
merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator air conditioner / Cooling Coil Unit karena nikotin yang lengket
dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk dihilangkan.
·
Jangan
memaksimalkan beban air conditioner saat kendaraan melaju kencang
dengan menurunkan temperaturnya.
·
Sebelum
menyalakan mesin matikan air conditioner terlebih dahulu, sesudah mesin
stabil baru air conditioner dinyalakankan. Begitu pun
sebaliknya, matikan air conditioner terlebih dahulu sebelum anda
mematikan mesin mobil anda.
·
Jangan
memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan
sulit untuk dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke
GRILL sebab sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian
GRILL sulit diperoleh di pasaran).
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1 Langkah Kerja
Sebelum
melakukan pemeriksaan sistem air conditioner ada langkah-langkah kerja yang harus
kita siapkan diantaranya :
1. Menyiapkan
alat dan bahan yang diperlukan
2. Menghidupkan
engine dan menghidupkan air conditioner
3. Menguji
sistem air conditioner
mobil
4. Memeriksa
suhu di evaporator
5. Jika
air conditioner
kurang dinggin/terjadi gangguan,melakukan pemeriksaan pada masing-masing
komponennya.
6. Melakukan
pengujian kebocoran sistem air conditioner
7. Memeriksa
kondisi freon bila kurang lakukan
penambahan freon
agar sistem air conditioner menjadi normal kembali
8. Jika
semua dapat teratasi dengan baik, maka melalukan pengujian sistem air conditioner
pada mobil sekali lagi hingga mendapatkan hasil yg memuaskan
9. Jika
telah selesai, bersihkan alat dan tempat kerja.
3.2
Hasil Kerja
Dari hasil pengamatan saat melakukan
perbaikan sistem air conditioner ada beberapa masalah yang di dapatkan
antara lain:
Hasil pemeriksaan:
·
Air conditioner
kurang dinggin
Dari
analisis yang di dapatkan, ditemukan beberapa penyebab
diantaranya:
·
Freon kurang
·
Freon berlebihan
·
Condenser kotor
·
Kopling magnet slip
Dari
hasil analisis yang didapatkan:
Ternyata
setelah dilakukan pemeriksaan pada sistem air conditioner, diketahui bahwa air conditioner
kurang dinggin, disebabkan
karena freon kurang dan kondensor kotor.
Adapaun
solusi yang harus dilaksanankan diantaranya:
Freon
kurang > ditambahkan freon
Kondensor
kotor > dibersihkan
3.3 Pengosongan Freon
Cara
pengosongan Freon sebagai berikut:
·
Engine
dalam keadaan mati
·
Menghubungkan selang merah
dengan servis katup
tekanan tinggi
·
Menghubungkan selang biru
dengan servis katup
tekanan rendah
·
Buka kran low
dan high
pada panel unit, tekan tombol start untuk memulai proses recovery. Tekan tombol stop
untuk menghentikan proses saat jarum gauge
low
menunjukkan angka 34 Kpa vakum dan gauge pada angka nol.


Gambar 3.3 Alat 3R Gambar 3.3 Manifold
gauge
3.4 Pengisian Zat
pendingin
Sebelum pengisian freon dilakukan terlebih
dahulu sistem divakum, hal ini bertujuan untuk menghilangkan / menghisap uap air yang beredar dalam sistem, pekerjaan
ini harus dilakukan pada setiap pengisian
sistem yang sudah kosong atau sistem yang baru pertama kali diisi, lamanya
memvakum kurang lebih 15 menit karena tekanan tinggi dan rendah dibuka,
sehingga udara dan uap air dapat di keluarkan dari dalam sistem oleh pompa
vakum. Udara yang mengandung uap air akan mempercepat proses pembekuan zat
pendinggin di dalam sistem,akibatnya saluran-saluran akan tersumbat es.
Cara
pengisian
·
Menghubungkan
selang merah dengan service katup tekanan tinggi(Hi)
·
Menghubungkan
selang biru dengan service katup tekana rendah(Lo)
·
Mengatur
nilai yang diinginkan,diatur dengan menekan tombol up / down sesuai spek kendaraan(kurang lebih 0,5 kg).
·
Mesin
dalam keadaan mati.
·
Kedua
keran dbuka maksimal
·
Tekan
tombol start / stop untuk memulai proses pengisian
·
Proses
akan berhenti otomatis setelah freon masuk ke kendaraan.

Gambar
3.5 Alat 3R
3.5 Pengetesan
Sistem air conditioner
Bermacam cara dapat dilaksanakan untuk pengetesan sistem air conditioner,
antara lain
:
·
Tes tekana
·
Tes temperature
·
Tes kebocoran
3.5.1 Tes
Tekanan
Putaran mesin ³
2000 rpm, sistem air conditioner
yang
bekerja normal, saluran hisap kompresor, zat
pendingin harus berupa gas dengan
tekanan 1,5 – 2 bar (21 – 29 psi).
Pada saluran tekan kompresor zat pendingin masih berbentuk gas dengan tekanan 14,5 – 2 bar (200 – 213 psi). Besar tekanan ini juga berlaku sampai zat pendingin
masuk ke katup ekspansi. Zat pendingin berubah bentuk dari gas menjadi cair karena didinginkan oleh kondensor.
Keterangan :
TR =
Tekanan rendah.
TT =
Tekanan tinggi.
Tekanan zat pendingin diturunkan oleh katub ekspansi, dalam evaporator
zat pendingin mengambil panas di sekelilingnya, berubah bentuk menjadi gas dan
kembali ke saluran hisap kompresor.
Proses berulang terus seperti semula.
Tekanan yang kurang pada saluran tekan dan
saluran hisap kompresor menunjukkan zat pendingin yang beredar dalam sistem
volumenya sudah berkurang. Kekurangan zat pendingin yang sudah diisi penuh
disebabkan kebocoran pada sistem, akibatnya sistem air conditioner bekerja tidak efisien (air conditioner kurang dingin). Bila tekanan tinggi diukur
setelah saringan, hal ini bisa menunjukkan saringan sudah kotor.

Gambar
3.5.1 tekanan rendah
Pengisian zat pendingin terlalu banyak. Tekanan
pada bagian tekanan tinggi akan naik, volume
zat pendingin yang disemprotkan katup ekspansi akan lebih besar, menyebabkan
saluran tekanan rendah naik pula tekanannya. Pendinginan kondensor yang kurang baik,
menyebabkan temperatur evaporator menjadi naik, dan tekanan pipa kontrol katup
ekspansi akan naik juga mengakibatkan katup ekspansi akan selalu membuka.
Tekanan kedua bagian saluran tekanan tinggi & rendah akan naik.
Bila manometer menunjukkan tekanan
yang lebih besar lagi pada kedua saluran, hal ini berarti ada uap air yang
beredar dalam sistem. Pengisian zat pendingin yang terlalu banyak harus
dihindari, karena sistem air conditioner bekerja lebih berat dan terasa kurang
dingin.

Gambar
3.5.1 Tekanan lebih besar
Kebocoran pada bagian – bagian yang
bergesekan dari kompresor seperti katup – katup cincin
torak, menyebabkan kompresor tidak bekerja dengan baik. Langkah tekan kompresor
tidak menghasilkan tekanan yang lebih tinggi dan temperatur evaporator naik,
katup expansi akan selalu terbuka, katup
– katup kompresor yang rusak akan menyebabkan zat pendinginan yang ditekan akan
mengalami kebocoran kebagian saluran hisap, akibatnya saluran hisap tekanannya
akan lebih naik / tinggi dan bagian saluran tekanan, tekanannya akan turun / rendah.

Gambar
3.5.1 Tekanan rendah lebih tinggi dan tekanan tinggi lebih rendah
3.5.2 Tes Temperatur
Mengukur
temperatur udara dalam saluran evaporator.
Pengetesan kemampuan sistem air conditioner
dengan cara ini masih pada putaran mesin ³
2000 rpm, AC bekerja dengan beban penuh dan pengetesan dengan manometer
menunjukkan sistem tidak ada kesalahan. Tabel
perbandingan temperatur udara luar dan temperatur udara dalam saluran
evaporator di bawah ini, dapat dijadikan pedoman untuk
tes temperatur.

Gambar
3.5.2 Tes temperature

Gambar
3.5.2 Tabel Perbandingan temperature
Bila temperatur udara pada saluran evaporator
: 4 - 6ºC hal ini berarti pada waktu kopling magnet menhubung adalah : 6ºC dan waktu melepas 4ºC.
3.5.3 Tes Kebocoran
T es kebocoran zat pendingin pada
sistem dapat dilakukan dengan macam – macam cara, secara sederhana dapat
dilakukan dengan memeriksa sambungan – sambungan instalasi pipa memakai busa
sabun, atau dengan kompor nyala api sipiritus.
Selain menggunkan cara diatas ada juga yang menggunakn
alat leak detector
Caranya adalah :
·
Menghidupkan
leak detector
·
Maka
akan terdengar suara pada leak detector
·
Lalu
mendekatkan leak detector dengan instalasi air conditioner
·
Kemudian
bila suara yang terdengar pada leak detector semakin cepat maka terdapat
kebocoran pada instalasi air conditioner
·
Jika
suara pada leak detector tetap/konstan brarti tidak ada kebocoran

Gambar
3.5.3 Leak detector
BAB IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Air
conditioner merupakan sabagian yang penting untuk menambah kenyamanan pada
suatu mobil. Kerusakan pada satu bagian komponen dari sistem air conditioner
akan membuat kerja dari sistem air conditioner tidak sempurna. Maka dari itu
rawatlah sistem air conditioner, agar kenyamanan mobil tetap terjaga.
Secara
umum masalah yang sering terjadi pada sistem air conditioner mobil yaitu bau
busuk dari air conditioner, air conditioner kurang dingin, bocor, suara bisik
dekat kompresor, sirip kondensor , evaporator tertutup debu, saringan udara
tertutup tersumbat dan suara brisik didekat blower. Jika terjadi seperti itu
segara bawa mobil anda ke tukang service air conditioner.
4.2 Saran
Saran
yang saya bisa berikan setelah menyelesaikan laporan ini:
a. Bagi
mahasiswa agar mempelajari prinsip kerja system pendingin sehinggga menangani
masalah tentang system pendingin dapat memprosesnya dengan lebih mudah
b. Bagi
para pengguna air conditioner
agar tetap melaksanakan perawatan berkala agar system air conditioner
dapat berfungsi seperti apa yang kita inginkan
c. Jika
ada gangguan segara lakukan pemeriksaan dan bawalah ketukang service.
Daftar Pustaka
Anonim. 2009. Prinsip Cara Kerja Air Conditioner [Online] tersedia :
Anonim. 2013. Ototronik Air Conditioner (AC) [Online] tersedia :
Anonim. 2011.
Cara Kerja Air Conditioner Pada Mobil [Online] tersedia : http://infocarakerja.blogspot.com/2011/07/kerja-ac-mobil.html
Anonim. 2012. Makalah Sistem AC Pada Mobil
[Online] tersedia : http://www.scribd.com/doc/33009874/Makalah-Sistem-AC-Pada-Mobil
VEDC Malang. 2012. Bahan ajar pelatihan otomotif paket no 15
sistem pendingin – AC
mobil. Malang : VEDC Malang.
Anonim. 2005. Buku
Training Center
Department. Surabaya : PT Krama Yudha Tiga Berlian
Motors.
Dirja. 2004. ”Dasar-Dasar Mesin Pendingin”. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Galih. 2012. Laporan Praktik Kerja
Lapangan “Teknik Kendaraan Ringan SMK
Warga”. Solo : SMK Warga.
Join Program VEDC
Malang. 2014.
“Buku Pedoman Pembuatan Laporan Kuliah Kerja
Industri”. Malang : VEDC Malang.
Juni Handoko. 2008.
Merawat dan Memperbaiki AC Mobil. Jakarta : PT Kawan
Pustaka.
Satmoko. 2013. “Pedoman Pembuatan Laporan Kuliah
Kerja Industri”.
Malang : Join Program VEDC Malang.
thanx infonya gan.....
BalasHapusSelamat datang di intanqq
BalasHapusAyo bergabung bersama kami, tersedia 7 permainan dalam 1 ID:
- Sakong (New Game)
- Bandar Poker (New Game)
- BandarQ (Hot Game)
- Poker
- Domino
- Capsa Online
- AduQ
Apa kelebihan bermain di intanqq? Berikut kelebihannya:
- BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
- BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
- BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
- MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
- Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
- Win rate 98%
- No robot
- Fair play 100% player vs player
Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung sebelum ketinggalan promonya :)
Selamat Datang Di kristalpoker
BalasHapuskristalpoker Adalah Situs Judi Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia
kristalpoker menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,
Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
- Sakong (New Game)
- Bandar Poker (New Game)
- BandarQ (Hot Game)
- Poker
- Domino
- Capsa Online
- AduQ
Kelebihan Bermain Di kristalpoker :
- BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
- BONUS XTRATURNOVER SETIAP MINGGUNYA
- BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
- MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses cepat 1 menit.
- Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di
pin bbm : 2AE18F26
facebook : kristalqq kristalqq
phone : +855969692742
we chat : kristalpoker
livechat : kristalpoker
Hallo kepada semua pecinta judi online
BalasHapusAgen terpercaya 100% di indonesia
kristalpoker menyediakan 7 game
Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
- Sakong (New Game)
- Bandar Poker (New Game)
- BandarQ (Hot Game)
- Poker
- Domino
- Capsa Online
- AduQ
1. deposit dan withdraw hanya rp.15.000
2. Bonus Turnover 0,3% Setiap minggunya
3. Extra Bonus Cashback Setiap Minggunya
4. Bonus Referral 10%+10% Seumur Hidup
5. Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
6. MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses cepat 1 menit
silakan bergabung ya bagi yang belum terdaftar jadi member kristalpoker
jika ada kendala dalam pendaftaran atau kendala lainnya ,silakan hubungi CS kami langsung ya.