Selasa, 13 Januari 2015

ABSTRAKSI
M.Tanthawi yahya, 2014, Program studi Teknik Elektro, Mekatronika Otomotif. Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara Malang, Sistem Air Condentioner Mobil di P.T. Solo Manufactur Kreasi, pembimbing akademik : M.Muchlas, S.pd,  MT. Pembimbing industri: Dwi Budhi Martono

Keyword : compressor, condenser, drayer, expansion valve, evaporator, air conditioner

Air Conditioner adalah suatu alat yang di gunakan untuk mendinginkan dan menghangatkan ruangan dengan menerapakan system pendingin dan pemanas didalamnya.
Persoalan yang harus dihadapi adalah bagai mana cara memahami cara kerja air condentioner , cara perawatan,pengisian freon, pengosongan freon dan yang terahir bagai mana cara pengetesan sistem air condentioner.
Ide yang muncul untuk persoalan tersebut adalah dengan penggunaan alat 3R, manifold gauge maupun leak detector dapat mempermudah menyelesaikan  persoalan tersebut.
Agar suhu ruang terjaga maka diterapkan system pendingin Air Condentioner bekerja berdasarkan refrigerant. Proses sirkulasi refrigerant antara lain compressor, gas refrigerant mengalir ke condensor, cairan refrigerant mengalir ke drayer, expansion valve, dan  megalir ke evaporator.

Vii+22 hal : 20 gbr.Biblografi : 11 (2004-2014)











KATA PENGANTAR
Puji sukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat karunian serta petunjuk-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan KKI (Kuliah Kerja Industri) I semester 4 sebgai syarat lulus menempuh KKI.
Penyelesaian laporan ini terwujud atas bantuan dari berbagai pihak yang telah membantu dan membimbing penulis selama pelaksanaan KKI. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.         Ibu Betty Dewi Puspasari S.Kom, MT. selaku ketua Join Program VEDC Malang.
2.         Bapak M.Muchlas, S,pd. MT selaku dosen pembimbing akademik yang telah membimbing penulis hingga laporan ini selesai.
3.         Bapak Dr.Joko sutrisno selaku komisaris di P.T. Solo Manufactur Kreasi.
4.         Bapak Sabar Budi selaku direktur marketing dan komunikasi publik P.T. Solo Manufactur Kreasi.
5.         Bapak Dwi Budhi Martono selaku pembimbing industri yang telah memberikan kesempatan menyelesaikan Kuliah Kerja Industri di PT. Solo Manufactur Kreasi.
6.         Bapak Muhammad Galih Fery.F selaku Supervisor Produksi
7.         Rekan-rekan mahasiswa Join Program VEDC Malang angkatan ke-4.
8.         Serta Semua pihak yang turut membantu terlaksanannya tugas ini.
Penulis menyadari jika memiliki banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik demi kesempurnaan laporan ini. Akhirnya, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.
Solo, 25 Juli 2011



M.Tanthawi Yahya
NIM. 1812011
DAFTAR ISI
Halaman
ABSTRAKSI..................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................................... iii
DAFTAR GAMBAR........................................................................................................ v
PROFIL INDUSTRI....................................................................................................... vi
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................................. 1 
1.1.Latar Belakang Masalah............................................................................... 1
1.2. Identifikasi dan Pembatasan Masalah...................................................... 2
1.3. Rumusan Masalah....................................................................................... 2
1.4. Tujuan............................................................................................................ 2

BAB II TINJAUAN PUSTAKA.................................................................................... 3
2.1. Air Conditoner .............................................................................................  3
2.2.Kompresor .....................................................................................................  3
2.2.1. Kompresor Torak ......................................................................................  4
2.2.2. Kompresor Rotari...................................................................................... 5
2.3. Kondensor..................................................................................................... 5
2.4. Evaporator..................................................................................................... 6
2.5.Filter/Dryer...................................................................................................... 7
2.6. Katup Expansi.............................................................................................. 7
2.7.Zat pendingin/Freon..................................................................................... 8
2.8. Prinsip dasar kerja ac.................................................................................. 9
2.9. Cara kerja sistem AC................................................................................. 10
2.10. Perawatan AC.......................................................................................... 11

BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN...................................................................... 13
3.1.Langkah Kerja............................................................................................. 13
3.2.Hasil Kerja.................................................................................................... 13
3.3.Pengosongan Freon.................................................................................. 14
3.4.Pengisian Zat pendinggin........................................................................ 15
3.5.Pengetesan Sistem AC............................................................................. 16
3.5.1 Tes Tekanan............................................................................................. 16
3.5.2 Tes Temperatur......................................................................................... 18  
3.5.3 Tes Kebocoran......................................................................................... 20

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN`.................................................................... 21
4.1. Kesimpulan................................................................................................. 21
4.2. Saran........................................................................................................... 21

DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................





















DAFTAR GAMBAR
Gambar
Halaman

2.2.Kompresor................................................................................................................. 3
2.2.1.kompresor torak................................................................................................... 4
2.2.2. Kompresor Rotari................................................................................................. 5
2.3. Kondensor............................................................................................................... 6
2.4. Evaporator................................................................................................................ 6
2.5. Filter/Dryer............................................................................................................... 7
2.6. Katup Expansi......................................................................................................... 8
2.7. Zat Pendingin/Freon.............................................................................................. 8
2.8. Pengaruh tinggi terhadap tekanan..................................................................... 9
2.9. Ilustrasi penyerapan panas.................................................................................. 9
2.10. Gambaran kerja sistem AC............................................................................... 10
3.3 Alat 3R..................................................................................................................... 14
3.3 Manifold gauge...................................................................................................... 14
3.5 Alat 3R..................................................................................................................... 15
3.5.1 tekanan rendah................................................................................................. 17
3.5.1. Tekanan lebih besar......................................................................................... 17
3.51. Tekanan rendah lebih tinggi dan tekanan tinggi lebih rendah................. 18
3.5.2. Tes temperature................................................................................................. 19
3.5.2. Tabel Perbandingan temperature............................................................... ...19
3.5.3. Leak detector...................................................................................................... 20


PROFIL INDUSTRI









PT. SOLO MANUFAKTUR KREASI

Kantor          
Jl. Apel no 5 jajar, Laweyan Solo Indonesia PO BOX solo 57100
Telp/fax          :  (0271) 741945
E-mail             : info@esemka.co.id
Website          : www.esemka.co.id

Pabrik
SMK Warga Surakarta
Jl. Kolonel Sutarto Surakarta Indonesia

Perusahaan

P.T SMK adalah industi yang bergerak dibidang otomotif. Yang didirikan pada tahun 2007, dan pada tahun 2007 P.T SMK bermitra dengan PT AIK untuk memproduksi komponen engine mobil 1500 cc. Selanjutnya pada tahun 2008 PT SMK bersama P.T AIK meneruskan program pembuatan komponen engine mobil 1500cc. Tahun 2009 P.T SMK bermitra dengan Nasional motor untuk membuat body double dan P.T MAGEDA membuat body SUV dan direstui oleh presiden dalam pameran di ITB. Tahun 2010 P.T SMK bekerjasama dengan FODAY,JINBE dan UKM untuk mengembangkan mobil SUV dan mini truck,uji produk di pameran internasional manufacturing. Dan prototype mobil SUV yang di keluarkan oleh P.T SMK  di namakan rajawali yang bermesin esemka 1.5i, 1.500 cc multi point injection 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 103 tenaga kuda pada putaran 5.500 rpm dengan torsi puncak hingga 145 Nm di 4.100 rpm. Rajawali mampu menampung 7 orang karena mempunyai panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.630 mm. Rajawali juga telah dibekali sederet fitur elektronik mirip SUV premium lainnya, misalnya power steering, central lock, power window, AC dual zone, sensor parkir, hingga head unit CD player. Rajawali dirakit oleh SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta dan prototype mobil selanjutnya adalah esemka digdaya merupakan model pikap kabin ganda yang dirakit oleh SMK 1 Singosari. Kendaraan ini berjenis MPV dan dipamerkan dalam Pameran Produk Indonesia 2009 Di Kemayoran Jakarta. Tenaga penggerak menggunakan mesin eks Timor 1.500 cc. Mobil Esemka Digdaya dirancang multifungsi, baik untuk kenyamanan berkendara maupun niaga. Kuat menampung hingga lima orang dan kabin belakangnya bisa mengangkut sepeda atau barang belanjaan. Digdaya dan Rajawali mempunyai spesifikasi mesin dan bodi yang sama. Dan prototype esemka bima Van 1.5i merupakan model van yang dirakit oleh SMK Negeri 6 Malang. Tahun  2011 P.T SMK mengurus perijinan produksi.. Tahun 2012 P.T SMK diperbolehkan berjualan oleh pemerintah. Dan esemka rajawali di perbaharui menjadi esemka rajawali R2, esemka rajawali adalah varian dan pengembangan dari tipe Esemka Rajawali (Alpha), dengan kekuatan mesin 1600cc dan berpenumpang 5 orang. Pengembangan Esemka Rajawali R2 ini bertitik tumpu pada mesin dengan yang lebih besar dari sebelumnya. Tetap mengacu pada tipe SUV dan mengedepankan fitur keamanan. Esemka Rajawali R2 dilengkapi dengan ABS (Anti Lock Brake System), BA (Brake assist), EBD (Electronic brakeforce distribution), dan SRS Air Bag.





BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu dan teknologi pada era sekarang ini sangatlah pesat dari peningkatan kemampuan, keterampilan dan profesionalisme sumber daya manusia. Berbagai usaha peningkatan telah dilakukan pada semua bidang termasuk dalam bidang otomotif. Perkembangan teknologi pada bidang otomotif berperan cukup besar terhadap kemajuan bidang – bidang lainnya. Untuk itu perlu adanya tenaga – tenaga ahli dalam bidang ini, apalagi menghadapi serbuan negara – negara produsen otomotif dengan pemasaran produk mereka memasuki pasar bebas.
Pada masa era globalisasi ini kenyamanan pada mobil sangatlah diperlukan, industri berlomba – lomba menciptakan inovasi baru untuk menambah kenyamanan mobil yang mereka produksi salah satunya dengan pengaturan suhu, kelembaban udara dan kebersihan didalam ruangan.
Sistem air conditioner dipergunakan untuk mempertahankan kondisi udara baik suhu dan kelembabanya dengan cara berikut :
1.  Pada saat suhu ruangan tinggi air conditioner menyerap panas dari lingkungan sehingga suhu diruangan itu akan turun dan sebaliknya saat suhu ruangan turun air conditioner akan melepaskan panas ke udara sehingga suhu akan naik.
2.  Bersamaan dengan hal itu, kelembaban udara berkurang sehingga kelembaban udara di pertahankan pada tingkat yang nyaman.
Prinsip dasar air conditioner adalah proses penyerapan panas dan pelepasan panas dengan menggunakan suatu zat yang mudah menyerap (refrigerant). Kondisi refrigrant dipengaruhi oleh pengatur dan tekanan yang diberikan kepadanya.




1.2. Identifikasi dan Pembatasan Masalah
Dari latar belakang di atas diidentifikasi hal hal yang kurang dimiliki oleh mahasiswa. Dalam hal ini mengamati kemampuan sistem air conditioner dapat dirumuskan beberapa masalah, yakni mengenai cara kerja yang dihasilkan oleh system air conditioner  dan cara perawatan system air condentioner.


1.3. Rumusan Masalah
Berdasarkan pemilihan judul di atas maka permasalahan yang diangkat dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.     Bagaimana cara kerja system air conditione?
2.    Bagaimana cara perawatan system air conditioner?
3.    Bagai mana cara menganalisa kerusakan  sistem air conditioner?

  
1.4. Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan KKI ini antara lain :
1.    Memahami prinsip dasar system air conditioner.
2.    Merawat system air conditioner
3.    Menganalisis  kerusakan/gangguan system air conditioner.
.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Air Conditoner
Air conditioner adalah suatu mesin yang digunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigrand berada di pipa tekan dan di hisap oleh kompresor.
Adapun fungsi system air conditioner pada mobil yaitu:
·         Memberikan udara sejuk ke dalam ruang kendaraan.
·         Memberikan penghangatan pada saat udara dinggin.
·         Menghindari udara kotor yang masuk ke dalam ruangan.
·         Menghilangkan dengan cepat kondensasi pada kaca mobil waktu hujan atau udara lembab.
·         Memberikan kenyamanan kepada pengemudi dan penumpang.


2.2.Kompresor
Kompresor adalah pompa yang dirancang untuk meningkatkan tekanan kepada refrigerant. Dengan meningkatnya akan diikuti dengan meningkatnya suhu refrigerant.










Gambar 2.2. Kompresor
Adapun fungsi dari kompresor sebagai berikut :
·      Memberi tekanan pada zat pendingin, agar mengalir dalam system.
·      Menurunkan tekanan didalam evaporator,sehingga bahan pendinggin cair di evaporator dapat menguap pada suhu yang lebih rendah dan menyerap panas lebih banyak didekat evaporator.
·      Menghisap bahan pendingin gas dari evaporator dengan suhu rendah dan tekanan rendah kemudian memampatkan gas tersebut sehingga menjadi gas temperature tinggi dan tekanan tinggi kemudian mengalirkannya ke kondensor.
Ada 2 jenis compressor yaitu:
·      Kompresor Torak
·      Kompresor Rotary


2.2.1. Kompresor Torak
Kompresor torak adalah merupakan salah satu positive displacement compressor dengan perinsip kerja memampatkan dan mengelurkan udara secara berselang dari dalam silinder, pemampatan udara dilakukan didalam silinder. Elemen mekanik yang digunakan untuk memampatkan udara dinamakan piston. Tekanan udara yang keluar merupakan tekanan discharge yang dihasilkan oleh kompresor reciprocating.










Gambar 2.2.1. Kompresor Torak
2.2.2. Kompresor Rotari
Kompresor rotary atau kompresor putar, getraran yang dihasilkan oleh kompresor ini relative kecil dibandingkan dengan kompresor piston. Hal ini disebabkan sudut-sudut pada kompresor putar yang merupakan elemen bolak-balik mempunyai masa yang jauh lebih kecil dari pada piston. Selain itu kompresor putar tidak memerlukan katup, sedangkan fluktuasi alirannya sangat kecil dibandingkan dengan kompresor piston.
 













Gambar 2.2.2. Kompresor Rotari


2.3. Kondensor
Fungsi kondensor adalah mendinginkan zat pendingin yang telah diberi tekanan oleh kompresor.
Zat pendingin yang bertekanan tinggi dari kompresor suhu panas melalui kondensor, panas itu dihilangkan dan zat pendingin berubah bentuk menjadi cair.




 











Gambar 2.3. Kondensor


2.4 Evaporator
Pada evaporator zat pendingin akan mengambil panas dan merubah bentuk menjadi gas,supaya pengambilan panas pada evaporator dapat berlangsung sempurna, maka evaporator dilengkapi dengan motor blower yang juga berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam ruang kendaraan.










Gambar 2.4. Evaporator


2.5. Filter / Dryer
Filter / Drayer pada sistem air conditioner  berfungsi untuk menyaring partikel-partikel kotoran yang ikut beredar di dalam sistem, serta menyerap uap air yang ikut beredar di dalam sistem. Kotoran yang ikut beredar di dalam sistem dapat menyumbat saluran-saluran yang ada sehingga mengganggu kerja air conditioner, sedangkan uap air yang ikut beredar di dalam sistem dapat terjadi pembekuan karena temperature media pendingin bisa turun di bawah 0 derajat celcius, hal tersebut dapat menyumbat yang ahirnya menggangu kerja sistem air conditioner.











Gambar 2.5. Filter / Dryer


2.6. Katup Expansi
Katup expansi pada sistem air condentioner berfungsi untuk menurunkan tekanan media pendingin dari Refrigeran bentuk cair bertekanan tinggi menjadi tekanan rendah dalam bentuk kabut. Akibat dari penurunan tekana tersebut maka temperature media pendingin menjadi turun drastis.














Gambar 2.6 Katup Expansi


2.7. Zat pendingin / Freon
Freon adalah cairan yang menyerap panas pada suhu rendah dan menolak panas pada suhu yang lebih tinggi. Prinsip-prinsip freon memungkinkan untuk digunakan pada outdoor unit dan indoor unit langsung menjalankannya dengan baik, karena hubungan tekanan suhu. Hubungan tekanan suhu ini memungkinkan untuk dapat menteransfer panas.
Dalam industri HVAC Freon diberi nama dagan dikenal sebagai nama R. Contoh nama-nama ini adalah R22, R134a dan R502, nama-nama ini membantu untuk menggambarkan berbagai jenis freon, karena freon memiliki berbagai susunan kimia dengan sifat yang berbeda.
 







Gambar 2.7 Zat Pendingin/Freon

2.8 Prinsip dasar kerja AC
Sering kali pada percobaan telah dibuktikan, air dan bensin yang di turunkan tekanannya akan lebih cepat menguap. Demikian juga dengan titik didih air pada ketinggian tertentu(di atas gunung), air lebih cepat menguap, disbanding air atas permukaan laut dengan tekanan 1 atmosfir, karena diatas gunung dengan ketinggian tertentu tekanan udaranya <1 atmosfir.
http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/images/gbartikeldep65/saifulrochim/1AC1a.jpg







Gambar 2.8 Pengaruh tinggi terhadap tekanan


Pada percobaan lain juga dinyatakan bahwa, apabila jari kita diberi bensin seperti pada gambar di bawah ini, kemudian ditiupkn udara maka jari kita akan terasa dingin.
http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/images/gbartikeldep65/saifulrochim/1AC2a.jpg






Gambar 3.8 Ilustrasi penyerapan panas


Proses kenaikan dan penurunan tekanan seperti di sampaikan pada percobaan di atas berlangsung secara alami, agar prose situ agar dapat diterapakan pada sistem air conditioner, maka sistem air condentiner harus terdiri dari bagian-bagian yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tekanan, dan bagian-bagian yang befungsi untuk menyerap panas dan melepaskan panas, supaya penguapan dan penyerapan panas dapat berlangsung.


2.9. Cara kerja sistem AC
http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/images/gbartikeldep65/saifulrochim/AC2g.jpg









Gambar 2.9 kerja sistem AC

Adapun cara kerja air conditioner sebagai berikut :
·           Kompresor yang digerakan oleh tenaga mesin mobil tersebut, memompa dan mensirkulasikan media pendingin/refrigen/freon yang masih berbentuk gas ke dalam sistem dengan tekanan tertentu.
Tekanan tinggi, berbentuk gas, P - 14 bar dan  T  -  65 derajat celcius   
Tekanan tinggi, berbentuk cairan, P - 14 bar dan  T – 10 derajat celcius
Tekanan rendah, berbentuk gas, P – 1,2 bar dan  T  -  -7  derajat celcius 
Tekanan randah, berbentuk cair, p – 1,2 bar dan  T  -  -7  derajat celcius
·           Media pendinggin tersebut di alirkan ke kondensor, di kondensor media pendingin didinginkan dengan jalan melepas panas ke udara luar lewat sirip-sirip Kondensor, karena temperaturnya menurun maka maka media pendinggin yang tadinya berbentuk gas dari kompresor akan berubah menjadi media pendinggin berbentuk cair.
·           Media pendinngin yang berbentuk cair tersebut dialirkan ke filter/Dryer untuk dilakukan penyaringan maupun pengeringan terhadap uap air yang beredar di dalam sistem.
·           Media pendingin yang sudah difilter di alirkan ke katup expansi yang bertugas untuk menurunkan tekanan media pendingin, karena tekanan turun otomatis temperature juga akan turun, akibat dari penurunan tekanan media pendingin berubah menjadi kabut dengan temperatur yang rendah.
·           Media pendingin yang sudah turun tekanan dan temperaturnya dialirkan ke evaporator, akibatnya evaporator menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip evaporator panasnya diserap sehingga temperature udara tersebut menjadi turun.
·           Udara yang sudah turun temperaturnya di alirkan kedalam ruang kendaraan sehingga terasa sejuk.
·           Sementara di dalam  didalam evaporator terjadi perubahan bentuk pada media pendinggin, yang semula berbentuk kabut dari katup expansi berubah menjadi gas pada evaporator.
·           Media pendinggin yang sudah dalam bentuk gas dari evaporator siap dihisap dan di sirkulasikan oleh sistem.


2.10. Perawatan AC
Hal – hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan perawatan AC adalah sebagai berikut :
·         Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet yang didepan, karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali air condentioner dihidupkan.
·         Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor air conditioner (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor air conditioner, atur tekanan air sebelum di semprotkan pada unit kondensor air conditioner  (kurangi tekanan airnya)
·         Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
·         Periksalah extrafan (kipas) yang didepan kondensor apakah berputar bila air conditioner dinyalakankan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan kompresor air conditioner rusak atau selang highpress bisa meledak.
·         Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator air conditioner  / Cooling Coil Unit karena nikotin yang lengket dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk dihilangkan.
·         Jangan memaksimalkan beban air conditioner saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.
·         Sebelum menyalakan mesin matikan air conditioner terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru air conditioner dinyalakankan. Begitu pun sebaliknya, matikan air conditioner terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil anda.
·         Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan sulit untuk dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke GRILL sebab sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian GRILL sulit diperoleh di pasaran).


BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1 Langkah Kerja
Sebelum melakukan pemeriksaan sistem air conditioner ada langkah-langkah kerja yang harus kita siapkan diantaranya :
1.    Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.    Menghidupkan engine dan menghidupkan air conditioner
3.    Menguji sistem air conditioner mobil
4.    Memeriksa suhu di evaporator
5.    Jika air conditioner kurang dinggin/terjadi gangguan,melakukan pemeriksaan pada masing-masing komponennya.
6.    Melakukan pengujian kebocoran sistem air conditioner
7.    Memeriksa kondisi freon bila kurang lakukan penambahan freon agar sistem air conditioner menjadi normal kembali
8.    Jika semua dapat teratasi dengan baik, maka melalukan pengujian sistem air conditioner pada mobil sekali lagi hingga mendapatkan hasil yg memuaskan
9.    Jika telah selesai, bersihkan alat dan tempat kerja.


3.2 Hasil Kerja
Dari hasil pengamatan saat melakukan perbaikan sistem air conditioner ada beberapa masalah yang di dapatkan antara lain:
Hasil pemeriksaan:
·         Air conditioner kurang dinggin
Dari analisis yang di dapatkan, ditemukan beberapa penyebab diantaranya:
·         Freon kurang
·         Freon berlebihan
·         Condenser kotor
·         Kopling magnet slip
Dari hasil analisis yang didapatkan:
Ternyata setelah dilakukan pemeriksaan pada sistem air conditioner, diketahui bahwa air conditioner kurang dinggin, disebabkan karena freon kurang dan kondensor kotor.
Adapaun solusi yang harus dilaksanankan diantaranya:
Freon kurang > ditambahkan freon
Kondensor kotor > dibersihkan


3.3 Pengosongan Freon
Cara pengosongan Freon sebagai berikut:
·         Engine dalam keadaan mati
·         Menghubungkan selang merah dengan servis katup tekanan tinggi
·         Menghubungkan selang biru dengan servis katup tekanan rendah
·         Buka kran low dan high pada panel unit, tekan tombol start untuk memulai proses recovery. Tekan tombol stop untuk menghentikan proses saat jarum gauge low menunjukkan angka 34 Kpa vakum dan gauge pada angka nol.








         Gambar 3.3 Alat 3R                            Gambar 3.3 Manifold gauge





3.4 Pengisian Zat pendingin
Sebelum pengisian freon dilakukan terlebih dahulu sistem divakum, hal ini bertujuan untuk  menghilangkan / menghisap uap air yang beredar dalam sistem, pekerjaan ini harus dilakukan pada setiap pengisian sistem yang sudah kosong atau sistem yang baru pertama kali diisi, lamanya memvakum kurang lebih 15 menit karena tekanan tinggi dan rendah dibuka, sehingga udara dan uap air dapat di keluarkan dari dalam sistem oleh pompa vakum. Udara yang mengandung uap air akan mempercepat proses pembekuan zat pendinggin di dalam sistem,akibatnya saluran-saluran akan tersumbat es.
Cara pengisian
·           Menghubungkan selang merah dengan service katup tekanan tinggi(Hi)
·           Menghubungkan selang biru dengan service katup tekana rendah(Lo)
·           Mengatur nilai yang diinginkan,diatur dengan menekan tombol up / down sesuai spek kendaraan(kurang lebih 0,5 kg).
·           Mesin dalam keadaan mati.
·           Kedua keran dbuka maksimal
·           Tekan tombol start / stop untuk memulai proses pengisian
·           Proses akan berhenti otomatis setelah freon masuk ke kendaraan.









Gambar 3.5 Alat 3R

3.5 Pengetesan Sistem air conditioner
Bermacam cara dapat dilaksanakan untuk pengetesan sistem air conditioner, antara lain :
·         Tes tekana
·         Tes temperature
·         Tes kebocoran

3.5.1 Tes Tekanan
Putaran mesin ³ 2000 rpm, sistem air conditioner  yang bekerja normal, saluran hisap kompresor,  zat pendingin harus berupa gas dengan tekanan 1,5 – 2 bar (21 – 29 psi). Pada saluran tekan kompresor zat pendingin masih berbentuk gas dengan tekanan 14,5 – 2 bar (200 – 213 psi). Besar tekanan ini juga berlaku sampai zat pendingin masuk ke katup ekspansi. Zat pendingin berubah bentuk dari gas menjadi cair karena didinginkan oleh kondensor.
Keterangan  :
TR  =  Tekanan rendah.
TT  =  Tekanan tinggi.
           Tekanan zat pendingin diturunkan oleh katub ekspansi, dalam evaporator zat pendingin mengambil panas di sekelilingnya, berubah bentuk menjadi gas dan kembali ke saluran hisap  kompresor. Proses berulang terus seperti semula.
Tekanan yang kurang pada saluran tekan dan saluran hisap kompresor menunjukkan zat pendingin yang beredar dalam sistem volumenya sudah berkurang. Kekurangan zat pendingin yang sudah diisi penuh disebabkan kebocoran pada sistem, akibatnya sistem air conditioner bekerja tidak efisien (air conditioner kurang dingin). Bila tekanan tinggi diukur setelah saringan, hal ini bisa menunjukkan saringan sudah kotor.









Gambar 3.5.1 tekanan rendah

Pengisian zat pendingin terlalu banyak. Tekanan pada bagian tekanan tinggi akan naik, volume zat pendingin yang disemprotkan katup ekspansi akan lebih besar, menyebabkan saluran tekanan rendah naik pula tekanannya. Pendinginan kondensor yang kurang baik, menyebabkan temperatur evaporator menjadi naik, dan tekanan pipa kontrol katup ekspansi akan naik juga mengakibatkan katup ekspansi akan selalu membuka. Tekanan kedua bagian saluran tekanan tinggi & rendah akan naik.
            Bila manometer menunjukkan tekanan yang lebih besar lagi pada kedua saluran, hal ini berarti ada uap air yang beredar dalam sistem. Pengisian zat pendingin yang terlalu banyak harus dihindari, karena sistem air conditioner bekerja lebih berat dan terasa kurang dingin.






Gambar 3.5.1 Tekanan lebih besar
Kebocoran pada bagian – bagian yang bergesekan  dari kompresor seperti katup – katup cincin torak, menyebabkan kompresor tidak bekerja dengan baik. Langkah tekan kompresor tidak menghasilkan tekanan yang lebih tinggi dan temperatur evaporator naik, katup expansi akan selalu terbuka, katup – katup kompresor yang rusak akan menyebabkan zat pendinginan yang ditekan akan mengalami kebocoran kebagian saluran hisap, akibatnya saluran hisap tekanannya akan lebih naik / tinggi dan bagian saluran tekanan, tekanannya akan turun / rendah.








Gambar 3.5.1 Tekanan rendah lebih tinggi dan tekanan tinggi lebih rendah


3.5.2 Tes Temperatur
            Mengukur temperatur udara dalam saluran evaporator. Pengetesan kemampuan sistem air conditioner dengan cara ini masih pada putaran mesin ³ 2000 rpm, AC bekerja dengan beban penuh dan pengetesan dengan manometer menunjukkan sistem tidak ada kesalahan. Tabel perbandingan temperatur udara luar dan temperatur udara dalam saluran evaporator di bawah ini,  dapat dijadikan pedoman untuk tes temperatur.













Gambar 3.5.2 Tes temperature


Gambar 3.5.2 Tabel Perbandingan temperature
Bila temperatur udara pada saluran evaporator : 4 - 6ºC hal ini berarti pada waktu kopling magnet menhubung adalah : 6ºC dan waktu melepas 4ºC.


3.5.3 Tes Kebocoran
         T es kebocoran zat pendingin pada sistem dapat dilakukan dengan macam – macam cara, secara sederhana dapat dilakukan dengan memeriksa sambungan – sambungan instalasi pipa memakai busa sabun, atau dengan kompor nyala api sipiritus.
Selain menggunkan cara diatas ada juga yang menggunakn alat leak detector
Caranya adalah :
·         Menghidupkan leak detector
·         Maka akan terdengar suara pada leak detector
·         Lalu mendekatkan leak detector dengan instalasi air conditioner
·         Kemudian bila suara yang terdengar pada leak detector semakin cepat maka terdapat kebocoran pada instalasi air conditioner
·         Jika suara pada leak detector tetap/konstan brarti tidak ada kebocoran










Gambar 3.5.3 Leak detector
















BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
            Air conditioner merupakan sabagian yang penting untuk menambah kenyamanan pada suatu mobil. Kerusakan pada satu bagian komponen dari sistem air conditioner akan membuat kerja dari sistem air conditioner tidak sempurna. Maka dari itu rawatlah sistem air conditioner, agar kenyamanan mobil tetap terjaga.
            Secara umum masalah yang sering terjadi pada sistem air conditioner mobil yaitu bau busuk dari air conditioner, air conditioner kurang dingin, bocor, suara bisik dekat kompresor, sirip kondensor , evaporator tertutup debu, saringan udara tertutup tersumbat dan suara brisik didekat blower. Jika terjadi seperti itu segara bawa mobil anda ke tukang service air conditioner.

4.2 Saran
Saran yang saya bisa berikan setelah menyelesaikan laporan ini:
a.  Bagi mahasiswa agar mempelajari prinsip kerja system pendingin sehinggga menangani masalah tentang system pendingin dapat memprosesnya dengan lebih mudah
b.  Bagi para pengguna air conditioner agar tetap melaksanakan perawatan berkala agar system air conditioner dapat berfungsi seperti apa yang kita inginkan
c.   Jika ada gangguan segara lakukan pemeriksaan dan bawalah ketukang service.







Daftar Pustaka
Anonim. 2009. Prinsip Cara Kerja Air Conditioner [Online] tersedia :
Anonim. 2013. Ototronik Air Conditioner (AC) [Online]  tersedia :
Anonim. 2011. Cara Kerja Air Conditioner Pada Mobil [Online]  tersedia : http://infocarakerja.blogspot.com/2011/07/kerja-ac-mobil.html
Anonim. 2012. Makalah Sistem AC Pada Mobil [Online]  tersedia : http://www.scribd.com/doc/33009874/Makalah-Sistem-AC-Pada-Mobil
VEDC Malang. 2012. Bahan ajar pelatihan otomotif paket no 15 sistem pendingin AC mobil. Malang : VEDC Malang.
Anonim. 2005. Buku Training Center Department. Surabaya : PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.
Dirja. 2004.Dasar-Dasar Mesin Pendingin. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Galih. 2012. Laporan Praktik Kerja LapanganTeknik Kendaraan Ringan SMK Warga”. Solo : SMK Warga.
Join Program VEDC Malang. 2014. Buku Pedoman Pembuatan Laporan Kuliah Kerja Industri”. Malang : VEDC Malang.
Juni Handoko. 2008. Merawat dan Memperbaiki AC Mobil. Jakarta : PT Kawan Pustaka.
Satmoko. 2013.Pedoman Pembuatan Laporan Kuliah Kerja Industri. Malang : Join Program VEDC Malang.







4 komentar:

  1. Selamat datang di intanqq

    Ayo bergabung bersama kami, tersedia 7 permainan dalam 1 ID:
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Apa kelebihan bermain di intanqq? Berikut kelebihannya:
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
    - Win rate 98%
    - No robot
    - Fair play 100% player vs player

    Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung sebelum ketinggalan promonya :)

    BalasHapus
  2. Selamat Datang Di kristalpoker

    kristalpoker Adalah Situs Judi Poker Dan Bandar sakong Terpercaya Di Indonesia

    kristalpoker menyediakan 7 GAME dalam 1 Web dan hanya dengan 1 ID,

    Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Kelebihan Bermain Di kristalpoker :
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRATURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.


    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di

    pin bbm : 2AE18F26
    facebook : kristalqq kristalqq
    phone : +855969692742
    we chat : kristalpoker
    livechat : kristalpoker

    BalasHapus
  3. Hallo kepada semua pecinta judi online
    Agen terpercaya 100% di indonesia

    kristalpoker menyediakan 7 game

    Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    1. deposit dan withdraw hanya rp.15.000
    2. Bonus Turnover 0,3% Setiap minggunya
    3. Extra Bonus Cashback Setiap Minggunya
    4. Bonus Referral 10%+10% Seumur Hidup
    5. Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
    6. MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses cepat 1 menit

    silakan bergabung ya bagi yang belum terdaftar jadi member kristalpoker
    jika ada kendala dalam pendaftaran atau kendala lainnya ,silakan hubungi CS kami langsung ya.

    BalasHapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter. berkomentarlah dengan santun, mengeritik boleh tp sifatnya membangun..okeeeee